Cara Hemat dalam Rumah Tangga

Cara Hemat dalam Rumah Tangga

Mengetahui beberapa cara hemat dalam rumah tangga adalah salah satu hal yang wajib diketahui oleh pasangan suami istri yang baru membangun bahtera rumah tangga.

Kebutuhan akan semakin meningkat ketika sudah bekeluarga. Jadi, sebagai istri yang me-manage kebutuhan keluarga, Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan supaya tidak terjadi masalah keuangan dalam rumah tangga di kemudian hari yang menyebabkan munculnya permasalahan lain.

Apabila urusan keuangan keluarga sudah ter-handle dengan baik, maka tidak perlu khawatir lagi tentang biaya pengadaan rumah, biaya sekolah anak kelak dan biaya lainnya karena tabungan selalu bertambah.

Cara Hemat dalam Rumah Tangga

Terdapat beberapa cara berhemat ketika sudah berumah tangga sehingga keuangan menjadi lebih stabil:

1. Mematikan Listrik Ketika Sudah Tidak di Gunakan

Cara hemat dalam rumah tangga yang pertama ialah dengan mematikan listrik ketika sudah tidak di gunakan. Tagihan listrik adalah pengeluaran rutin yang harus dibayarkan setiap bulannya dengan jumlah yang tidak sedikit. Untuk dapat lebih menekan biaya pengeluaran tagihan listrik, sebisa mungkin biasakan keluarga Anda untuk berhemat energi.

Hemat energi dapat dilakukan dengan cara mematikan semua peralatan listrik di rumah ketika sudah tidak digunakan. Terlebih pada malam hari, ketika tidur sebaiknya matikan lampu utama untuk lebih menghemat listrik.

2. Menggunakan Produk Hemat Energi

Menyambung dengan cara sebelumnya, penggunaan produk-produk hemat energi seperti lampu neon dan produk lainnya adalah langkah yang sangat tepat. Rendahnya energi listrik yang diperlukan dapat memangkas pengeluaran dalam rumah tangga pada setiap bulannya.

3. Berbelanja di Pasar Tradisional

Kini supermarket sudah berjamuran dimana-mana dan menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari secara lengkap. Karena lokasinya yang lebih bersih, nyaman dan tertata rapi serta berada dalam satu tempat atau lokasi, banyak orang yang lebih memilih berbelanja di supermarket. Padahal, harga yang dibandrol di supermarket jauh lebih mahal jika dibanding dengan di pasar tradisional.

Sebenarnya berbelanja di pasar tradisional tidak seburuk yang dibayangkan karena kini sudah dilakukan penataan pasar tradisional yang membuat para konsumennya merasa nyaman saat berbelanja.

Terlebih harga yang dibandrol untuk barang yang sama kebanyakan jauh lebih murah dibanding dengan supermarket. Berbelanja di pasar tradisonal menjadi salah satu cara menghemat uang belanja sehari-hari dan lebih mengasyikkan karena dapat berbaur dengan lebih banyak orang.

4. Sebisa Mungkin Merebus air sendiri dan Menghindari Pembelian Air Kemasan

Apabila di rumah sudah tersedia sumber air bersih yang memadai, sebaiknya mulai dari sekarang hindari pembelian air dalam kemasan. Merebus sendiri air untuk dikonsumsi justru lebih menyehatkan dan kebersihannya lebih terjamin.

Selain itu, merebus sendiri air minum juga dapat memangkas biaya pembelian air kemasan yang dapat dialokasikan menjadi tabungan bulanan.

5. Mengurangi Hangout dan Makan di Luar

Untuk dapat berhasil dalam mengatur keuangan keluarga ialah dengan mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan hangout atau nongkrong entah itu bersama teman atau keluarga. Selain itu, mengurangi kebiasaan makan di luar dan membiasakan diri untuk memasak sendiri makanan juga dapat dijadikan salah satu tips menghemat uang belanja harian.

Selain itu, makanan rumah juga jauh lebih sehat dan bersih. Makan di luar sah-sah saja dilakukan asal tidak terlalu sering.

6. Menggunakan Shower Saat Mandi

Jika keluarga menggunakan layanan air berlangganan, untuk menghemat pengeluaran bulanan Anda harus menggunakan shower ketika mandi. Shower dapat menekan pemborosan air saat mandi dan akan mengurangi beban biaya langganan air setiap bulannya.

7. Memilih Alat Transportasi Yang Tepat

Cara menghemat pengeluaran yang terakhir ialah dengan memilih alat transportasi yang tepat. Pemilihan alat transportasi untuk bekerja atau bepergian juga perlu diperhatikan. Dengan mengendarai mobil atau motor, pasti memerlukan biaya bensin, perawatan dan perbaikan jika ada kerusakan. Untuk itu, apabila kantor atau tempat yang dituju masih dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau sepeda, sebaiknya lakukan langkah ini. Selain dapat berhemat, kesehatan dan kebugaran tubuh juga semakin terjaga.

Cara mengatur keuangan dalam rumah tangga harus benar-benar diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi masalah keuangan dalam rumah tangga. Dengan beberapa cara hidup hemat dalam rumah tangga di atas, Anda dapat mengumpulkan tabungan untuk keperluan lain yang lebih penting dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.