Cara Melacak HP Yang Hilang dengan Mudah

Cara Jitu Melacak HP Hilang dengan Mudah Secara Offline Atau Online

CNews.id – Tidak semua orang tahu cara melacak HP yang hilang. Padahal, informasi ini sangat penting dikarenakan kejadian HP hilang atau tertinggal di tempat umum masih ternyata masih banyak saja yang terjadi.

Lebih buruk lagi jika kamu lupa di mana terakhir kali kamu meninggalkan HP saat bepergian. Alih-alih mencari-cari HP kamu ke tempat terakhir yang kamu kunjungi, kamu seharusnya dapat melacak HP kamu secara langsung.

Kejahatan seperti pencurian juga bisa terjadi. Nah, jika HP kamu baru saja hilang dan kemungkinan dicuri, kamu harus segera melacaknya. Mungkin jika dilakukan segera, keberadaan HP kamu yang hilang masih bisa ditemukan.

Kamu dapat melacak keberadaan HP kamu dalam beberapa cara. Kami telah menyediakan tutorial dengan mudah di artikel di bawah ini dan untuk selanjutnya silahkan tentukan metode mana yang terbaik menurut kamu.

Cara Melacak Hp yang Hilang :

Melacak HP Menggunakan IMEI

Melacak HP Menggunakan IMEI

Setiap HP pasti memiliki IMEI sebagai nomor identitasnya. IMEI atau International Mobile Equipment Identity memiliki 15 hingga 16 digit. Kamu dapat menemukan nomor ini di bagian belakang (dalam) telepon atau kamu juga dapat menemukan nomor imei ini pada dus handphone kamu.

Cara lain untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan masuk ke menu “About Device” di pengaturan perangkat. Kamu juga dapat menemukan nomor IMEI dengan memasukkan *#06#. Nah, jika kamu memiliki nomor IMEI, ada baiknya kamu menuliskannya. Jadi ketika HP kamu hilang, kamu dapat dengan mudah menemukannya.

Metode ini adalah salah satu metode pelacakan paling aman dan paling akurat. Hal ini karena dengan pelacakan IMEI, privasi dan data kamu akan tetap terjaga.

Untuk melacak ponsel yang hilang, kamu dapat melaporkan kehilangan dengan menghubungi pusat panggilan operator HP. Operator kemudian akan membantu proses pelacakan HP. Kunci sukses pelacakan dengan IMEI adalah koneksi internet.

Jadi pastikan HP yang hilang terhubung ke internet, GPS aktif, dan kartu SIM masih aktif. Kelemahan menggunakan IMEI untuk pelacakan adalah ketidakmampuan untuk melacak telepon offline.

Melacak HP Menggunakan Google Maps

Melacak HP Menggunakan Google Maps

Salah satu cara untuk melacak keberadaan HP yang hilang adalah dengan menggunakan fitur Google Maps. Cara melacak hp yang hilang ini cukup mudah untuk kamu pelajari. Jika kamu belum pernah melacak HP kamu dengan Google Maps sebelumnya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, kamu dapat membuka aplikasi Google Maps di HP lain yang kamu miliki.
  • Pilih menu Setting, lalu pilih Shared Location atau Shared Location.
  • Kemudian pilih waktu pelacakan, yang dapat diatur ke 1 jam atau lamanya waktu untuk memperkirakan kerugian.
  • Klik “Orang” dan isi alamat email dan nomor HP ponsel kamu yang hilang. Kemudian klik “Bagikan” dan “Aktifkan”.
  • Maka kamu hanya perlu menunggu sekitar 24 jam.
  • Selama ini, Google Maps akan memberikan pesan notifikasi jika HP yang hilang berhasil dilacak.

Salah satu keuntungan menggunakan Google Maps untuk melacak HP yang hilang adalah kamu bahkan dapat menerapkannya pada HP yang rusak. Fitur Google Maps seperti lokasi saya, informasi bisnis, petunjuk arah mengemudi, dll. sangat berguna. Banyak orang menggunakan Google Maps untuk melacak HP mereka untuk mengantisipasi kehilangan.

Melacak HP Menggunakan Google ADM

Cara melacak hp yang hilang selanjutnya adalah dengan bantuan aplikasi Google ADM. Pada beberapa HP, Google ADM adalah aplikasi default. Namun, jika kamu tidak dapat menemukannya di HP, kamu dapat mendownload aplikasi secara gratis.

Google ADM atau Pengelola Perangkat Android sengaja dibuat oleh Google untuk dapat mendeteksi dan melacak keberadaan sebuah HP. Google ADM bekerja dengan memanfaatkan fungsi GPS di HP kamu. Jadi aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk melacak ponsel jika ponsel yang hilang terhubung ke GPS.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah cara melacak hp yang hilang menggunakan Google ADM:

  • Pertama, kamu dapat membuka Google ADM di HP atau laptop yang kamu gunakan untuk melacak HP kamu yang hilang.
  • Masuk ke Akun Google kamu. Masukkan ID pengguna dan kata sandi kamu, lalu pilih Terima.
  • Google ADM kemudian akan menampilkan nama telepon yang terkait dengan email yang kamu gunakan. Klik pada nama telepon dari telepon kamu yang hilang.
  • Selanjutnya akan muncul informasi tentang HP, termasuk lokasi HP yang hilang.

Melacak HP Menggunakan WA

Melacak HP Menggunakan WA

Selain beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan WA untuk melacak keberadaan HP yang hilang. Cara melacak hp yang hilang dengan WA merupakan cara alternatif yang bisa kamu coba. Tentunya cara ini akan memudahkan kamu untuk berlatih. Karena hampir semua orang sangat familiar dengan aplikasi WA.

Kamu bisa melacak keberadaan ponsel kamu yang hilang dengan WA dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, kamu bisa masuk ke aplikasi WA (WhatsApp), lalu masuk ke menu Contacts.
  • Cari kontak atau nomor WA dari HP kamu yang ingin kamu ketahui letaknya.
  • Klik kontak yang ingin dicari dan masuk ke menu chat room.
  • Di ruang obrolan ini, kamu dapat mengklik ikon “Lampirkan” untuk melihat opsi lampiran yang tersedia di WA.
  • Untuk melacak ponsel kamu, kamu dapat mengklik ikon “Lokasi” di opsi lampiran. Kemudian bagikan lokasi kamu saat ini.
  • Kamu akan menerima lebih banyak informasi setelah membagikan lokasi kamu saat ini. kamu akan mendapatkan informasi ini di kotak yang berisi teks konfirmasi berbagi lokasi. Klik saja “Lanjutkan”.
  • Setelah itu, kamu akan melihat opsi durasi berbagi lokasi. Di sini kamu dapat memilih durasi maksimum yaitu (8 jam). Kemudian kamu dapat menekan tombol “Selanjutnya”
  • Kamu sekarang akan kembali mengobrol saat mengirim lokasi yang kamu bagikan ke HP yang hilang
  • Selanjutnya, kamu dapat mengklik lokasi yang baru saja kamu bagikan. Di kotak Opsi kamu dapat memilih kotak Lihat Lokasi Saat Ini
  • Selanjutnya kamu bisa tap “Get Directions” lalu masuk ke Google Maps untuk bisa mengarahkan kamu ke lokasi hp kamu yang hilang

Metode ini tampaknya sedikit memakan waktu. Namun, hasil yang dilacak dengan bantuan WA terbukti cukup akurat dan ampuh.

Selain menggunakan berbagai metode pelacakan HP yang hilang yang kamu lihat di deskripsi sebelumnya, ada aplikasi lain yang dapat kamu gunakan. Ada banyak aplikasi yang dapat melacak ponsel yang hilang. Beberapa aplikasi untuk melacak ponsel yang hilang ini adalah Where’s My Droid, Family Locator, Phone Tracker By Number, Find My Phone, Lost Phone Tracker, Life360, dan masih  banyak lagi yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.