Cara Merawat dan Memelihara Kucing Persia

Cara Merawat dan Memelihara Kucing Persia

Cara Merawat dan Memelihara Kucing Persia merupakan syarat yang wajib dimiliki oleh para pencinta kucing khususnya kucing persia. Kucing Persia adalah salah satu hewan yang paling banyak diminati oleh banyak orang diseluruh dunia karena tingkahnya yang sangat lucu dan menggemaskan.

Meski cara merawatnya tidaklah mudah, namun karena sifatnya yang memiliki sifat penurut dan tenang menjadikan sebuah nilai plus sehingga membuat banyak orang tidak keberatan untuk memelihara jenis kucing yang satu ini.

kucing persia yang terkenal dengan sifat yang menggemaskan, kucing yang namanya berasal dari nama iran kuno ini memang sudah menjadi kucing yang paling populer dikalangan pencinta kucing.

Tubuh kucing persia ini pada umumnya memiliki tubuh yang gemuk, besar, hidungnya yang pesek, dan memiliki wajah yang berbentuk bulat, bulunya yang panjang adalah ciri khas dari kucing ini yang membuat kucing ini tampil beda dari kucing yang lainnya.

Maka tidak heran jika jenis kucing ini menjadi salah satu jenis kucing yang paling populer dikalangan pencinta kucing yang wajib untuk dipelihara.

Jika anda adalah seorang yang baru mulai dalam memelihara jenis kucing ini, maka anda wajib membaca dan melihat tips dan cara merawat kucing ini sampai selesai, agar kucingmu selalu sehat. Berikut adalah 12 Cara Merawat dan Memelihara Kucing Persia.

12 Cara Merawat Kucing Persia di Rumah:

1. Makanan Sehat dan Bergizi

cara merawat kucing persia yang pertama adalah Jangan sembarang memberi makan kucing seperti makanan sisa yang kita makan, kucing jenis persia ini juga membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi, karena dengan anda memberi makanan sehat dan bergizi mampu mendukung pertumbuhan dan kesehatan pada  kucing khususnya untuk menjaga tulang dan bulunya agar tetap sehat.

Produk Makanan yang disarankan untuk jenis kucing ini adalah Whiskas, Royal Canin, Pro-Plan, Me-O dan lainnya.

2. Memandikan Kucing

Sebenarnya tanpa dimandikan-pun kucing dapat membersihkan tubuhnya sendiri atau yang biasa disebut dengan self grooming, akan tetapi agar jauh lebih maksimal jika anda dapat memandikan kucing anda minimal satu kali dalam seminggu dengan menggunakan shampo khusus kucing yang gunanya agar kesehatan kucing tersebut tetap terjaga dari serangan jamur dan kutu agar bulunya tetap bagus, sehat, tetap tebal dan tidak rontok.

3. Jaga kebersihan kandang

Pastikan kandang kucing tetap tejaga kebersihannya, mulai dari membersihkan sisa-sisa makanan dan kotoran kucing yang berjatuhan pada kandang kucing secara rutin minimal 3x dalam seminggu.

Karena dengan keadaan kandang yang kotor dan tidak terawat, kandang tersebut akan menjadi sarang virus dan penyakit yang dapat menyerang kucing anda, karena untuk jenis kucing persia ini lebih mudah terserang penyakit jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.

4. Tempat Makan Khusus

Dengan adanya tempat makan khusus ternyata dapat membantu anda dalam menjaga kebersihan kandang, karena kucing kesayangan anda dapat makan di tempat khusus yang telah disediakan agar tidak berantakan dan tidak berceceran dimana mana.

Anda disarankan untuk mencari tempat makan dan minum kucing dalam satu satu wadah yang ada dua lubang, satu untuk tempat makanan dan satu lagi untuk tempat minum, lalu taruh tempat makan dan minum tersebut ditempat yang sama (jangan bepindah-pindah) sehingga kucing anda dapat mengenal dimana ia harus cari makanan dan minumannya.

5. Menyiapkan Pasir dan Tempatnya

menyiapkan pasir dan tempatnya yang berfungsi sebagai media untuk mengurangi bau dan dapat mengeringkan kotoran kucing, karena dengan adanya pair tersebut kucing dapat membuang kotorannya pada media tersebut. Kami sarankan kalau untuk jenis kucing persia ini anda dapat menggunakan pasir jenis zeolit yang dapat anda dapatkan di toko perlengkapan hewan.

Anda juga kami sarankan untuk mengganti pasir tersebut minimal tiga hari sekali, karena jika terlalu jarang dibersihkan maka akan membuat kucing anda tidak nyaman dan stress karena kebersihan lingkungannya terganggu.

6. Memberi Vaksin

Selain mengontrol secara berkala kucing anda ke dokter hewan, pemberian vaksin pun dapat membantu sistem kekebalan tubuh pada kucing anda,sehingga kucing anda aman dari serangan penyakit atau virus lainnya.

Selain vaksin, kucing kamu juga perlu di kasih obat cacing, yang dimana obat ini berguna untuk menjaga sistem pencernaan kucing anda, karena kalau sistem perncernaannya terganggu, dapat membuat nafsu makan pada kucing anda turun dan tubuhnya pun sulit untuk gemuk.

7. Menjaga Kebersihan Hidung

Hidung kucing persia pada umumnya lebih pendek dari kucing yang biasa, dengan adanya hidung yang kebih pendek tersebut dapat lebih mudah tersumbat karena kotoran, hal ini juga dapat menyebabkan kucing anda menjadi susah untuk bernafas sehingga dapat memicu infeksi pada saluran pernafasan kucing anda.

Cara membersihkan hidung kucing yakni dengan cara menggunakan cotton bud yang telah dibasahi oleh air hangat kemudian bersihkan lubat hidungnya sedikit demi sedikit, atau anda dapat membawa kucing anda ke dokter kewan agar lebih praktis.

8. Membersihkan Mata Kucing

Bersihkan mata kucing persia kesayangan anda setidaknya 2-3 hari sekali secara teratur, kucing persia dapat memproduksi air mata yang berlebihan, oleh karena itu jika anda tidak membersihkan mata kucing persia anda, air mata tersebut dapat merusak bulu pada wajah kucing anda sehingga dapat menimbulkan efek iritasi.

9. Gunakan Palet Kayu Sebagai Alas Kucing

Palet kayu dapat menjadi solusi terbaik bagi alas kandang kucing persia anda, karena dengan berbahan kayu ini kotoran tidak akan menggunpal dan menempel pada kaki dan bulu kucing kesayangan anda agar kucing anda selalu terjaga kebersihannya.

10. Bersihkan Bagian Tubuh Kucing

Bersihkan bagian tubuh kucing persia yang sulit dijangkau misalnya pada bagian mulut, telinga dan lain lain.

Kucing kerap sekali mengalami pembengkakan pada bagian gusi yang terkadang muncul karang gigi yang dikarenakan menyantap makanan basah, maka bersihkanlah pada bagian mulut kucing anda setiap selesai makan agar dapat meminimalisir resiko terjadinya pembengkakan pada bagian gusi dan munculnya karang gigi.

Lalu kemudian pada bagian telinga sering terdapat kotoran telinga yang menggumpal, maka bersihkanlah pada bagian telinga tersebut dengan menggunakan cotton bud dengan cara hati-hati.

11. Gunakan Wadah / Tempat Makan Yang Rendah

Kucing persia pada umumnya memiliki wajah yang datar serta hidung yang pendek, sehingga jenis kucing ini lebih menyukai wadah atau tempat makan yang datar dan sejajar dengan wajahnya agar dapat memudahkan mereka ketika hendak menyantap makanannya.

12. Ajarkan Kebiasaan Hidup

Mulailah anda untuk mengajarkan kucing anda kebiasaan hidup sehari-hari sejak dini dari mulai dimana dia harus makan, minum, dan membuang kotorannya.

Karena dengan diajarkan kebiasaan hidup kucing anda sejak dini dapat membantu kucing anda untuk hidup mandiri ketika kucing anda hendak beranjak dewasa, sehingga kucing anda akan dapat hidup teratur dimana dia harus melakukan sesuatu pada tempatnya dan tidak bersekresi dimana saja.

Nah mungkin hanya itulah 12 cara merawat dan memelihara kucing persia agar tetap bersih dan sehat untuk anda yang masih pemula dalam memelihara kucing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.