Cara Merawat dan Memelihara Kucing

Cara Merawat Kucing Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Kucing – Kucing adalah salah satu hewan yang umum dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah oleh manusia, bahkan tidak sedikit pemilik kucing sudah menganggap kucingnya sendiri sebagai sahabat atau keluarga sendiri. Dikarenakan tingkah laku dan raut wajah kucing yang menggemaskan sehingga membuat para pemiliknya sangat sayang.

Jika kamu ingin merawat dan memelihara kucing, maka hal yang harus di perhatikan adalah bagaimana cara merawat dan memelihara kucing dengan baik dan benar agar kucing selalu sehat. Berikut ini adalah 10 cara merawat dan memelihara kucing.

Cara Merawat dan Memelihara Kucing :

1. Perhatikan Makanan dan Gizi

Jika kamu mulai merawat kucing sejak dari kecil, harap pastikan bahwa makanan dan gizi kucing tercukupi dengan baik, dikarenakan anak kucing sangat membutuhkan jumlah gizi lebih besar dibanding kucing yang sudah dewasa.

2. Memberi Vaksin

Memberikan vaksin secara teratur pada kucing dengan tujuan untuk menghindari virus dan penyakit yang menempel pada kucing.

3. Menjaga Kesehatan Kucing

Memandikan kucing secara teratur  dengan menggunakan sabun dan shampo khusus kucing agar bulu kucing tidak mudah rontok saat dimandikan, dan jangan lupa juga untuk selalu membersihkan bagian telinga, gigi, dan kuku kucing secara berkala dikarenakan bagian ini rentan terhadap kuman dan bakteri.

4. Membersihkan Bulu Kucing

Jika kucing yang kamu pelihara di rumah memiliki bulu yang lebat, maka kamu harus rajin menyikatnya secara teratur, agar bulu kucing senantiasa bersih dari kotoran / kutu yang yang ada pada bulu kucing tersebut.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Harus selalu menjaga kebersihan kandang kucing, karena bisa jadi kucing muntah atau terdapat sisa-sisa makanan kucing berserakan yang menyebabkan kandang kycing menjadi kotor.

6. Cek kucing ke dokter

Meskipun kamu merasa bahwa kucing peliharaannya tidak mengalami gangguan pada kesehatannya, kucing perlu dibawa kedokter hewan secara rutin minimal 6 bulan sekali yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing. Agar kucing terhindar dari penyakit ektoparasit dan endoparasit .

7. Mengajarkan Kebiasaan Pada Kucing 

Mengajarkan kebiasaan pada kucing ini mencakup makan kucing, buang air, dan juga tidur kucing. Dikarenakan kucing juga harus diajarkan untuk hidup secara teratur. Karena jika tidak diajarkan sejak dini, maka kucing bisa makan di mana saja, buang air sembarangan, dan juga tidur sembarangan.

8. Mengajak Bermain Kucing 

Biasakan ajak kucing kamu untuk bermain setiap harinya atau kamu bisa membelikan mainan kucing agar peliharaan kamu tidak merasa bosan di rumah, dan juga ajak sesekali kucing kamu untuk keluar rumah dengan menggunakan tali pengikat atau lepas saja hanya bermain di halaman rumah.

9. Jauhkan Kucing Zat-zat yang Berbahaya

Pastikan kamu menyimpan makanan dan zat-zat kimia lainnya di tempat yang aman. Karena terdapat banyak bahan kimia yang berbahaya bagi kucing yang sering kita gunakan di rumah dan sangat beracun bagi kucing. Contohnya, pembersih lantai, pencuci piring, dll…

10. Lakukan Pemberian Obat Cacing

Selain pemberian vaksinasi pada kucing, kamu juga harus selalu memberikan obat cacing pada kucing kamu yang dilakukan 2 sampai 3 kali dalam setahun atau jika kamu hendak pergi ke dokter hewan, maka gunakan sesuai resep yang telah di berikan oleh dokter.

Mungkin itulah 10 cara merawat dan memelihara kucing yang dapat kami sampaikan, mudah bukan? Jika kamu rutin dalam melakukan cara-cara ini, yang pastinya kucing kesayangan kamu akan selalu sehat. Selamat Mencoba….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.